Posted by : satriyo budi w Rabu, 05 Februari 2014

scuba diver adalah suatu kegiatan di alam bebas. di sebuah hutan. dan ini bukan di hutan biasa. melainkan hutan bawah air yang tidak kalah indahnya. mengingat sebagian besar di dominasi oleh laut. kali ini aku berkesempatan untuk ikut dalam kegiatan ini. dan ini akan menjadi sepenggal kisahku.



perjalanan pertama ku menyebrangi laut. tidak terlalu ganas namun cukup membuatku sedikit mual. namun ini semua terbayarkan saat sampai. pulau pramuka saat itu. saat memasuki dermaga utama pulau pramuka, kami di sambut s-dengan sebuah tulisan, pramuka cyber city katanya. namun kisahku ini tidaklah mulai dari situ. namun kita kembali ke beberapa hari ke belakang.
hari pertama materi pertama. bertempat di markas besar anggkatan laut di cilangkap. pengenalan alat selam. ada tabung, regulator, BDS, masker, vin atau kaki katak, pemberat, dan snorkel. semua itu adalah alat standar untuk menyelam. dan mempunyai peran sandiri- sendiri. tabung misalnya. ini adalah alat utama dalam penyelaman ini. tabung ini berisi udara untuk kita bernafas di dalam air. lanjut BDS. ini semacam rompi untuk menempatkan semua alat tadi ke badan kita. yang lainnya pasti faham apa gunanya, seperti vin yg untuk membantu gerak kita di dalam air. pemberat, masker dan snorkel. untuk menjaga agar pandangan kita tetap jernih di bawah air dan untuk bernafas di permukaan air.


hari ke dua materi ke dua. masih bertempat di MABESAL cilangkap. pelajaran dasar di air. seperti berenang. kali ini tidak hanya berenang biasa. tapi sudah mengunakan masker dan snorkel untuk bernafas. serta vin utuk bergerak. di sini kami mendapat nama julukan kami. ada hiu, paus, dll. aku sendiri mendapat nama bandeng. ya ikan yg hidup di air payau ini adalah nama tengah ku saat itu.


hari ke tiga pelajaran ke tiga. masih di MABESAL cilangkap. kali ini kami di ajarkan bagaimana menakit alat selam kami masing masing. mulai dari memasang tabung ke BDS sampai siap turun ke air. dan kami jga di ajarkan materi dasar penyelaman. seperti masker clearing. yaitu teknik membersihkan embun yang berada di permukaan dalam masker. dan regulator recovery. yaitu bagai mana memasang kembali mount fish atau alat bernafas kita di bawah air saat terlepas dari mulut. dan kami juga di latih untuk menyelam ke kedalaman 5 m tanpa alat. namun di bawah sudah di siapkan tabung untuk bernafas di bawah.


hari ke empat. praktek di pulau pramuka. hari ini kami di bawa ke medan aslinya. tidak lagi di kolam. kami mempraktekan apa yang 3 hari ini kami pelajari. dan kami turun ke dalam laut. kami di ajak mempraktekkan semua di medan sesungguhnya, dan hari ini pula kami di sematkan sebuah prevet. ya sebuah brevet lumba lumba tanda kami sudah menuntaskan pelajaran kami.
 dan inilah aku memakai brevet scuba diver ini




dan inilah kami sang warga laut baru



hutan bawah air yang tidak kalah indah. dan kali saat menjadi ikan.








ini lah sepenga kisahku. sebuah perjalanan

{ 1 komentar... read them below or add one }

Welcome to My Blog

Popular Post

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
scout of indonesian army | the agent of change | voice of mujahid | tan hanna wigna tan sirna | the easy day was yesterday | UG Psi 1PA10

- Copyright © Satriyo Budi Wicaksono -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -