Posted by : satriyo budi w Jumat, 02 Mei 2014

Reproduksi seksual dan reproduksi aseksual adalah cara yang dilakukan oleh mahluk hidup untuk mempertahankan diri. Mempertahankan diri yang dimaksud adalah mempertahankan keturunan dan eksistensi dari mahluk hidup itu sendiri.

Proses reproduksi adalah sebuah proses terciptanya organisme baru. Dalam proses tersebut dapat terjadi melalui reproduksi secara seksual dan aseksual. Reproduksi secara seksual biasanya terjadi pada manusia dan hewansedangkan aseksual terjadi pada tumbuhan.

 REPRODUKSI SEKSUAL

Reproduksi seksual adalah proses perkawinan mahluk hidup yang dilakukan secara berpasangan oleh individu organism tersebut. Misalnya saja yang terjadi pada manusia dimana dalam proses reproduksinya dilakukan secara seksual.

Proses reproduksi ini melibatkan dua organisme yang memiliki jenis kelamin yang berbeda yakni jenis kelamin jantan dan betina. Pada manusia dikatakan jenis pria atau laki - laki dan wanita atau perempuan. Tanpa adanya kedua jenis tersebut maka proses reproduksi tidak akan pernah terjadi.

 REPRODUKSI ASEKSUAL

Reproduksi aseksual adalah proses reproduksi yang tidak melibatkan kegiatan seks dalam reproduksinya. Biasanya hal ini dilakukan oleh individu organism itu sendiri tanpa melibatkan individu organisme lainnya.

Dalam artian, jika reproduksi aseksual membutuhkan pasangan maka aseksual bisa dilakukan sendiri. Sebagai contoh adalah yang terjadi pada organism sel bersel satu dan tumbuhan. Pada tumbuhan disebut vegetatif . Contohnya adalah penyambungan stek, okulasi, ovulasi , dan cangkok.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
scout of indonesian army | the agent of change | voice of mujahid | tan hanna wigna tan sirna | the easy day was yesterday | UG Psi 1PA10

- Copyright © Satriyo Budi Wicaksono -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -